Tanggapan buat Pdt. J. Kuntaraf - Bagian 2
Berikut adalah Tanggapan dari Pdt. J. Kuntaraf- Bagian 2 tentang tulisan saya berjudul "Sejarah Singkat Masuknya Doktrin Trinitas ke dalam Gereja MAHK"
Ini kelanjutan postingan sebelumnya ROH KUDUS DALAM TRINITAS
Postingan #11: Jawaban kepada Yolanda Kalalo-Lawton (Bagian 2 )
Meneruskan postingan kemarin, kita masih memberikan jawaban kepada makalah dari Yolanda Kalalo-Lawton bagian ke 2. Dalam potingan #9 beberapa hari lalu kita telah melihat bagaimana terjadi kesalahan peterjemahan hingga memberikan arti yang salah. Dsamping itu penggunaan kutipan yang tidak lengkap.; hingga mempuyai pengertian yang salah.
Sekarang kita akan teruskan. Untuk itu, diawal tulisan Yolanda Kalalo-Lawton, saya berikan initial YKL, dan jawaban saya dimulai dengan JK.
YKL: Pada tahun 1988 buku “27 Pengakuan Dasar Kepercayaan” dari Gereja MAHK diterbitkan, dimana terdapat kepercayaan Trinitas dan dipromosikan secara besar-besaran sebagai landasan iman Gereja Advent.
Sangat menarik apa yang disaksian oleh seorang wanita Katolik seperti yang dapat anda saksikan dalam video ini (bahasa Inggris):
Video 1: https://www.youtube.com/watch?v=EdQ7JPDf4n8
Sebelum menjadi ahli sejarah gereja Advent terkemuka dalam organisasi kita, seorang wanita Katolik, menyaksikan sendiri bahwa Froom dan temannya, Roy A. Anderson sedang menjalankan tugas mereka sebagai pastor pada sebuah Gereja Katolik yang dihadirinya. Mungkinkah mereka berdua adalah bagian dari agen-agen Katolik yang disusupkan ke jenjang kepemimpinan Gereja Advent? Saya mendorong anda untuk memulai penyelidikan anda sendiri, supaya anda dapat memutuskannya sendiri! 7
JK: Kalimat terakhir dengan menyebutkan, “mungkinkah mereka berdua adalah agen-agen Katolik…. “ Sebuah kalimat yang tidak pasti namun menimbulkan keraguan. Ini adalah salah satu cara untuk menarik perhatian, padahal penulis tidak pasti; tetapi orang yang baca jadi percaya. Kalimat berbahaya sekali. Soal video itu sendiri, saya sudah lihat; Ini adalah sesuatu yang bisa direkayasa. Dengan berbagai penjelasan yang tidak benar dari situs Trinity Doctrine Exposed, maka saya dangat meragukan kebenaran dari video tersebut.
YKL: Ini adalah video lain dalam Bahasa Spanyol dan Inggris yang menguatkan kesaksian dalam video pertama tentang kemungkinan besar bahwa LeRoy Froom adalah seorang pastor Katolik yang menyamar sebagai seorang pemimpin Advent karena Froom dikuburkan di pekuburan anggota-anggota Mason (sebuah group rahasia yang dibentuk oleh Gereja Katolik - Jesuit):
Video 2: https://www.youtube.com/watch?v=goLppG2_7LM&t=46s
JK: Ini kadang-kadang aneh seorang menuliskan hal yang dia tidak tahu, hanya dugaan; tetapi memberikan keraguan kepada orang yang tidak tahu. Soal kuburan saya ingin sampaikan sebagai berikut:
1. Kalau seorang dikuburkan di pekuburan freemason, bukan berarti dia seorang anggota freemason. Sebab banyak kuburan yang dulu milik freemason, sekarang dikelola oleh swasta; dan terbuka secara umum.
2. Yang menjadi tanda seorang freemason, bukan sebab dia dikubur di pegukuburan freemason, tetapi ada symbol freemason di pekuburannya.
3. Satu hal yang menarik disebukan bahwa freemason adalah rahasia yang dibentuk oleh gereja Katolik-Jesuit. Ini aneh, sebab tidak ada orang tahu tentang sejarah freemason kapan mulai, sebab document tertua bertanggalakan tahun 1390, sedangkan Jesuit mlai 1540 dari Iqnatius Loyola. Kan aneh Jesuit sendiri belum ada dan dia membentuk freemason.
Dalam tulisan saya yang lain, saya berikan biography dari LeRoy Froom, dengan kegiatan yang padat. Kapan jadi Jesuit? Sebab untuk jadi Jesuit itu perlu pendidikan lama; sedangkan sekolah LeRoy Froom terus dalam pendidikan Advent, apakah di Washington, Walla-Walla College dan Pacific Union College; terus mulai jadi pendeta muda di Maryland dalam usia 23 tahun; dan terus kerja dengan berbagai tanggung jawab; termasuk jadi missionary ke Tiongkok. Jadi saya hanya sebutkan bahwa LeRoy Froom hanya di fitnah. Fitnah itu biasa ditujukan kepada seseorang oleh sebab tidak suka tulisan atau karyanya. Saya juga sering difitnah. Jadi daripada mengurusi seseorang, lebih bagus lihat saja Alkitab dan Roh Nubuat, untuk saya sangat jelas untuk doktrin Trinitas. Sedangkan Ellen G. Whitepun dituduh sebagai anggoa freemason sebab di kuburannya di Battlecreek, ada monument obelisk, kan lucu; padahal tulisan White menlis banyak agar anggota Advent jangan jadi anggota freemaon. Ingatlah Yolanda, jangan suka dibohongi dan ditipu.
YKL: LeRoy Froom sengaja memulai penyelidikannya dengan mencari kalimat-kalimat yang bisa disalah artikan untuk menunjang doktrinnya. Alhasil, dia menemukan beberapa kutipan di antara ribuan halaman tulisan Ny. White, dan kutipan-kutipan tersebut dikumpulkan dan diterbitkan dalam buku yang dikenal dengan Evangelism/Evangelisasi. Banyak umat Advent mengira buku ini adalah murni tulisan dari Ny. White. Tetapi tidaklah demikian. Buku ini adalah hasil perkerjaan Froom yang hanya mengumpulkan beberapa kutipan, yang dia modifikasi sedemikian rupa sehingga terbaca seakan-akan Ny. White menunjang doktrin Trinitas. Apabila kita membaca kutipan-kutipan tersebut dengan seksama, kutipan-kutipan tersebut sebenarnya sama sekali tidak mengajarkan Trinitas.
JK: Maaf ya, dalam tulisan Mrs. White tidak ada tullisan yang dimodifikasi. Kutipan itu diambil, dan ditaruh pada tempatnya. Jangan coba fitnah LeRoy Froom, sebab fitnah itu lebih kecam dari pembunuhan. Setiap kutipan itu ada sumber aslinya, dan tahun penulisannya. Jadi lihat saja yang aslinya. Apakah mau lihat apa yang ditulis oleh EGWhite? Atau ketikannya yang asli? Saya bisa berikan. Semuanya ada dalam Ellen G. White Estate. Dan Yolanda akan melihat tidak ada yang dimodifikasi.
YKL: Kalau saja anda memiliki pikiran dan hati yang terbuka dan bersedia belajar dengan sungguh-sungguh, saya percaya anda akan setuju dengan keputusan saya. Ny.White sangat konsisten dalam semua tulisannya, beliau mengajarkan ajaran yang berlawanan dengan doktrin Trinitas. Beliau bukan penganut Trinitas seperti kata Froom yang sekarang luas diajarkan di universitas-universitas Advent, dan para pendeta dan para ahli teologi kita saat ini.
JK: Maafkan, saya tidak sependapat. Ny. White memang semula mempunyai pandangan seperti pionir lainnya, namun pandangannya berkembang. Itulah sebabnya Anda harus baca study dari Dr. Jerry Moon itu sampai akhirnya, jangan awalnya saja. Anda dapat menyesatkan orang banyak bila baca sebagian-sebagian.
YKL: Ny. White memang menulis tentang “orang ketiga” dalam ke-Allahan, tapi kita harus mengerti mengapa dan apa maksud beliau dengan sebutan “orang ketiga” atau “tiga kuasa” atau “Trio Surgawi” tersebut. Kuncinya di sini adalah: Biarkan Ny. White menjawabnya dengan penanya sendiri. Kita tidak dapat menggunakan pikiran kita sendiri.
· Penolong itu adalah Roh Kristus.
· Roh Kebenaran adalah Roh Kristus.
· Orang ketiga adalah Roh Kristus.
· Kuasa yang besar ketiga adalah Roh Kristus.
· Roh Kudus yang diberi pada hari Pantekosta adalah Roh Kristus.
· Roh Kudus yang Dia hembuskan pada para murid-Nya adalah Roh Kristus Sendiri.
· Roh Kudus yang dikirim Kristus untuk mewakili Diri-Nya adalah Roh-Nya Sendiri.
· Penguasa-penguasa tertinggi Surgawi adalah Bapa, Anak dan Roh Kristus.
· Trio Surgawi adalah Bapa, Anak dan Roh Kristus.
· Berulang kali Ny. White mengatakan bahwa hanya ada dua makhluk.
Pribadi ketiga, Kuasa besar ketiga, Penguasa-penguasa Surgawi dan Trio Surgawi: “Mereka memiliki SATU Allah dan SATU penebus, dan SATU Roh – Roh Kristus.” (EGW, 9T 189.3, tahun 1909).
Satu Allah + Satu penebus + Satu Roh = ROH KRISTUS
Kuasa besar ketiga: “Kristus telah memberikan ROH-NYA sebagai kuasa Ilahi.” (EGW, RH, 19 November 1908).
Penolong/Penghibur: “Ini mengacu pada omnipresence (mahahadir/kehadiran di mana-mana) dari Roh Kristus, yang disebut Penolong.” (EGW, 14 MR 179.2).
Roh Kebenaran: “Yesus datang padamu sebagai Roh Kebenaran; belajarlah akan pikiran Roh itu, carilah Tuhanmu, ikuti jalan-Nya.” (EGW, 2MR 337.1).
Roh Yesus dihembuskan pada para murid-Nya: “Dan sesudah berkata demikian, Ia menghembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus…Sebelum para murid-Nya bisa memenuhi tugas-tugas resmi mereka yang berhubungan dengan gereja, Kristus menghembuskan Roh-Nya atas mereka.” (EGW, DA (Kerinduan Segala Jaman) Hal. 805).
Roh diberikan pada hari Pantekosta: “Janji Roh Kudus tidak terbatas pada umur atau ras. Kristus menyatakan bahwa pengaruh Ilahi dari Roh-Nya akan menyertai para pengikut-Nya sampai akhir jaman. Sejak hari Pantekosta sampai saat sekarang, Penolong telah dikirim kepada semua yang telah menyerahkan hidup mereka seluruhnya kepada Tuhan dan kepada pelayanan-Nya.” (EGW, AA, 49.2).
Roh sebagai wakil Kristus: “Kristus telah datang ke dunia kita, tetapi dunia tidak tahan akan kemurnian-Nya. Dia pergi kepada Bapa-Nya, tapi Dia telah mengirim Roh-Nya untuk mewakili-Nya di dunia hingga kedatangan-Nya kembali.” (EGW, Ms1, 11 Januari, 1897).
Hanya dua Makhluk: “Bapa dan Anak saja yang dimuliakan.” (EGW, YI, 7 Juli, 1898).
Jelas sekali Ny. White mengajarkan bahwa Roh Kudus adalah ROH KRISTUS. Sekarang, cobalah ganti kata-kata “Roh Kudus” dengan “Roh Kristus” atau “Kristus oleh Roh-Nya” bila anda membaca kata-kata yang telah disalah gunakan oleh Froom tersebut. Abaikan cara berpikir Froom. Saya yakin, anda dapat melihat bahwa kutipan-kutipan dalam buku Evangelisi tersebut sama-sekali bukan kutipan-kutipan yang menunjang Trinitas.
Misalnya:
“Kita perlu menyadari bahwa Roh Kudus (Kristus melalui Roh-Nya), adalah seorang pribadi sama seperti Allah adalah seorang pribadi, sedang berjalan melalui halaman-halaman ini, tanpa terlihat oleh mata manusia.” (EGW, 2SAT 136.6 yang dikutip dalam buku Evangelisasi, Hal. 616.5), 1899).
Sebagai penjelasan selanjutanya, Ny. White menulis:
“Begitu sedikit yang menyadari bahwa Yesus, secara tidak terlihat, sedang berjalan di samping mereka!” (EGW, 14MR 125.3).
Siapa yang TIDAK TERLIHAT? Tentu saja Kristus! Kenapa Kristus TIDAK TERLIHAT? Karna itulah salah satu sifat/hakikat dari Roh Kudus. Kita tidak dapat melihat Roh Kudus dengan mata manusia, tapi kita dapat melihat hasil pekerjaan-Nya. Bacalah cerita Nikodemus tentang Roh Kudus yang terdapat dalam Yohanes 3.
Saran saya ialah, jangan baca kutipan Ny. White melalui kaca mata LeRoy Froom atau melalui kaca mata orang lain. Mintalah tuntunan Roh Kudus Kristus untuk membuka pengertian anda. Kutipan-kutipan di atas tidak pernah diperdebatkan waktu pionir-pionir kita masih hidup karena mereka tahu identitas Roh Kudus, dan pikiran mereka belum diindoktrinasi oleh ajaran LeRoy Froom.
JK: Kami tidak perlu diindoktrinasi oleh LeRoy Froom, tetapi kami belajar sendiri. Untuk latar belakang saya, berasal dari Buddha, terus dibaptiskan di gereja GKI, kemudian masuk Methoidis, dan Pentkosta, dan waktu orang muda di gereja Pentakosta saya masuk Advent. Dari semua gereja tersebut saya sudah belajar tentang trinitas. Nah, di Seminary (saya kembali ketemu dengan bapak Anda: jadi dengan beliau saya berteman dari Cisarua dan PUC), kami belajar tentang trinitas. Bahan untuk belajar Trinitas itu kami belajar 3 semester, the doctrine of God, Christology (Doctrine of Christ) and Pneumatology (Doctrine of the Holy Spirit). Jadi belajar dengan mendalam. Soal paham dari pionir itu sudah lama kita ketahui, dan kita juga mengerti pengembangan doctrine sebab Mrs. White yang mulai memberikan tulisannya. Bahkan dalam tiga semester belajar hanya tentang ke Allahan, kami tidak gunakan buku LeRoy Froom. Jadi sekarang anjuran saya, Yolanda, coba lihat baik-baik tulisan Alkitab dan Roh Nubuat, dan jangan punya interpretasi sendiri. Kalau disebutkan heavenly trio, ya trio, kalau three heavenly beings, and namanya three. Kalau disebutkan the Holy Spirit is a person, ya a person. Sesuatu yang sudah jelas, jangan dibuat bingung. Bersihkan itu pikiran dari situs Trinity Doctrine Exposed, yang saya sudah dapatkan mempunyai motip untuk meragukan Alkitab, meragukan Roh Nubuat, dan meragukan Organisasi.
YKL: Para pionir gereja Advent semua setuju bahwa doktrin Trinitas adalah sama dengan “Penganut Trinitas tua yang konyol” _yang berasal dari Gereja Roma Katolik.
Pionir Advent P.S. Cotrell (1814-1892), seorang pengkhotbah, penulis buku dan lagu dalam Lagu Sion, dalam majalah Review and Herald, terbitan 6 Juli 1869 menulis:
“Berpegang pada doktrin Trinitas tidak hanya terbukti sama dengan maksud jahat seperti mabuk anggur darimana seluruh bangsa-bangsa telah minum. Kenyataan bahwa ini adalah salah satu doktrin utama, jika bukan yang terutama, di atas mana seorang Bisop Roma memuja kepausan, tidak banyak memberi kesan baik …ini harusnya menyebabkan manusia melakukan penyelidikan mereka sendiri, sama seperti ketika roh-roh jahat melakukan mujizat-mujizat dalam usahanya untuk membela keabadian jiwa orang mati.”
Pionir Advent dan suami dari Ny. White, James White (1821-1881) menulis dalam Review & Herald, vol. 7, No. 11, Hal. 85, par. 16:
“Kita boleh menyebutkan di sini bahwa Trinitas, menghapus kepribadian Allah dan Anak-Nya Yesus Kristus.”
Pionir Advent J.N. Andrews (1829-1883), dari mana Universitas Andrews mendapat namanya, menulis:
“Doktrin Trinitas ditetapkan di dalam gereja oleh sidang Nice, tahun 325 Sesudah Masehi. Doktrin ini menghancurkan kepribadian Allah, dan Anak-Nya Yesus Kristus Tuhan kita. Terkenal jahat, diukur dengan cara ajaran ini dipaksakan oleh gereja yang tertulis pada halaman-halaman sejarah gereja, mungkin dapat mengakibatkan setiap umat yang percaya pada doktrin ini merasa malu.” (J.N Andrews, 6 Maret 1855, Review & Herald, Vol. 6, No. 24, Hal 185)
Pionir Advent J.S. Washburn (1863-1955), seorang pensiunan pendeta yang dibabtis oleh James White, menunjukkan perlawanan yang sangat gigih akan perubahan doktrin ini. Dia menulis:
“Doktrin Trinitas adalah kejam, kekafiran yang dahsyat, meniadakan kedudukan Yesus dari posisi-Nya yang benar sebagai Juruselamat Ilahi dan perantara…doktrin yang dahsyat ini dipindahkan dari penyembahan berhala ke dalam Roma, Gereja Paus (dan) yang sedang mencoba mengacaukan dengan kehadirannya yang jahat di dalam Pekabaran Tiga Malaikat.” Lanjutnya:
“Jika kita harus berbalik kepada jiwa kekal orang yang mati, api penyucian, penyiksaan kekal dan Sabat hari Minggu, apakah hal ini kurang dari kemurtadan? Jika kita dapat menghindari hal-hal kecil tersebut, yaitu doktrin-doktrin nomor dua lalu menerima dan mengajarkan doktrin dasar dari Roma, Trinitas, dan mengajarkan bahwa Anak Allah tidak mati, walaupun kata-kata kita nampak rohani, apakah ini kurang lebih dan kurang dari kemurtadan yang merupakan kemurtadan akhir/omega itu?” (Judson Washburn, The Trinity).
Kutipan-kutipan para pionir di atas hanyalah sebagian kecil dari banyak lagi kutipan lain.
Hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah, Froom tidak memulai penelitiannya dengan Alkitab. Tapi dia langsung menggunakan tulisan-tulisan Ny. White, dicampur dengan tulisan-tulisan dari penulis terkenal dari luar Gereja Advent. Ny. White sendiri menasihatkan bahwa pastikan kita mengerti Alkitab sebelum mengutip tulisan-tulisan beliau.
Alasan mengapa LeRoy Froom harus mencari sumber materi di luar Gereja Advent daripada menggunakan tulisan-tulisan dari para pionir gereja kita adalah, karena para pionir kita menolak akan ajaran Trinitas dan tidak setuju dengan pendapat dari Froom, makanya Froom tidak berhasil mendapatkan materi-materi dalam literatur Gereja Advent. Froom harus menunggu para pionir dan Ny. White meninggal baru dia bisa melaksanakan maksudnya. Itulah yang telah terjadi!
JK: Kalau berbicara soal tulisan para pioneer, saya juga banyak bahannya, dan mengerti posisi mereka. Dan saya sudah jelaskan bahwa doktrin itu berkembang, dan tidak salah bila doktrin berkembangnya doktrin selama berdasarkan Alkitab dan Roh Nubuat.
Saya sangat prihatin sebab Yolanda atau trinity doctrine exposed terus memojokkan LeRoy Froom, jadi semua salah LeRoy Froom. Padahal mulai tahun 1890-an pandangan organisasi sudah mulai diarahkan oleh Ellen G. White untuk menerima trinitas. Namun sangat sukar para pionir untuk menerimanya. Dan setelah mereka meninggal; maka mereka melakukan banyak penelitian dan juga melihat tulisan EGW sampai menerima doktrin trinitas.
YKL: Froom mengatakan bahwa Ny. White merubah imannya saat beliau menulis buku “The Desire of Ages (Kerinduan segala Jaman)” tapi terbukti bahwa dalam buku tersebut ada banyak sekali kalimat yang berlawanan dengan ajaran Trinitas. Froom bahkan bangga bahwa buku “Kerinduan Segala Jaman” dipromosikan oleh Jurnal Katolik yang terkemuka. Froom menulis:
“…Kerinduan Segala Jaman, tentu saja, memberi suatu gambaran yang diinspirasikan, dan alhasil menjadi posisi yang diterima dalam denominasi…Kerinduan Segala Jaman…adalah sesuatu yang dijunjung tinggi dalam Denominasi - suatu yang klasik dikenal, bahkan dipromosikan dalam publikasi seperti Jurnal Katolik dalam “Berita Universal Fatima” terbitan September 1965.” – (Movement of Destiny; Hal. 323-324).
JK: Dari pada meributkan tulisan LeRoy Froom soal the Desire of Ages, Apakah Yolanda sudah baca buku the Desire of Ages? Jangan hanya dengar dari Trinity Doctrine Exposed, sebab banyak pandangannya yang salah. Saya sendiri sudah baca berulang-ulang sebab memang saya dosen untuk pelajaran Life and Teaching. Jadi sangat jelas Mrs. White memberikan konsep trinitas di dalam buku tersebut, dan juga dalam kutipan yang lain.
YKL: Sebagai seorang Advent, mengapa dia begitu bangga akan dukungan dan publikasi Jurnal Katolik?
Jika anda berkesempatan menonton video di atas, kesaksian dalam video itu menunjukkan interaksi antara Froom dengan seorang ahli teoloi Advent, Dr. B.G. Wilkinson, penulis buku “Truth Triumphant (Kebenaran Menang).” Buku ini adalah hasil studi mendalam tentang sejarah gereja di padang belantara, yang berisi sejarah kejahatan Gereja Katolik di jaman kegelapan. Froom sangat tidak senang akan buku ini sehingga dia menghancurkan piringan cetaknya dengan maksud menghentikan pencetakan ulang buku tersebut. Waktu itu, Dr. Wilkinson sudah berumur 80 tahun dan tidak punya uang untuk membuat piringan cetak yang baru menggantikan apa yang Froom hancurkan, menyebabkan pendistribusian dari buku “Truth Triumphant” tidak tersebar secara luas. Coba anda pikir: mengapa seorang pemimpin terkemuka Advent melakukan hal jahat seperti itu?
Dr. B.G Wilkinson, dalam suratnya kepada Dr. T.S Teters di tahun 1936 menulis:
“Menjawab surat anda tertanggal 13 Oktober tentang doktrin Trinitas, saya akan mengatakan bahwa Masehi Advent Hari Ketujuh tidak, dan tidak pernah menerima kegelapan yang misterius dari doktrin Katolik Trinitas.”
Pada tanggal 14 Desember 1955, LeRoy Froom menulis kepada Reuben Figuhr:
“Saya dicela di depan publik dalam sebuah gereja kecil di Perguruan Tinggi Misionari Washington oleh Dr. B.G Wilkinson sebagai seorang yang paling berbahaya di dalam denominasi ini.”
Berikut adalah cuplikan surat Froom kepada Otto Christensen:
“Bisa saya katakan bahwa buku saya, The Coming of the Comforter (Kedatangan Penolong itu) adalah hasil dari seri pelajaran yang saya berikan tahun 1927-28, untuk institusi-institusi kependetaan di seluruh Amerika Utara. Engkau tidak dapat bayangkan bagaimana saya ditentang oleh beberapa dari orang-orang tua karena saya menekankan kepribadian dari Roh Kudus sebagai Pribadi Ketiga dari Ke-Allahan. Beberapa orang menolaknya – masih menolak juga. Tetapi buku ini telah menjadi standar yang umumnya diterima.” – (Surat dari LeRoy Froom kepada Otto H. Christensen, 27 Oktober 1960).
Dalam surat Froom yang ditulis kepada R.A Anderson, J.L Schuler, Denton Reebok, A.W Peterson, W.G Turner dan J.E Weave tertanggal 22 November 1966, LeRoy Froom menulis:
“Saya menulis kepada saudara-saudara sebagai kelompok sebab kalian adalah anggota-anggota yang masih hidup yang termasuk dalam komite pertama yang terdiri dari 13 orang, yang diangkat tahun 1931 untuk membentuk Janji Baptisan. Saudara Branson adalah Pemimpin dan saya adalah Sekretaris. Tugas dari komite ini adalah menyeragamkan formula Janji Baptisan, doa dan sumpah berdasarkan pengakuan iman tahun 1931 dalam Manual dan buku tahunan…menyoroti (dan) menjadikan suatu hal yang lebih penting; pertama, kedua dan ketiga oknum-oknum ke-Allahan.”
JK: Soal froom merasa bangga buku the Desire of Ages dibaca oleh Katolik atau gereja lain, ya, kita bangga dong. Tidak salah untuk merasa bangga; dan melalui buku Mrs. White, banyak dari gereja lain yang menerima kebenaran. Yolanda apakah tahu bahwa penelitiand ari Barna study menunjukkan buku yang paling banyak dibaca oleh pendeta-pendeta di Amerika adalah buku-buku tulisan Ellen G. White? Wah pasti kita bangga. Ini pendeta-pendeta non Advent yang mengatakan demikian.
Kalau berbicara mengenai surat menyurat, saya tidak bisa langsung percaya kecuali sudah lihat langsung. Kalau masih ada yang tidak sependapat dalam soal doktrin trinitas, saya dapat mengerti; namun untuk saya sendiri; saya percaya kepada doktrin trinitas oleh sebab Alkitab dan juga oleh sebab Roh Nubuat. Sudah cukup. Mau Froom bilang apa, atau Wilkinson bilang apa, itui urusan mereka dengan Tuhan. Namun untuk saya, saya mengerti kebesaran Tuhan melalui trinitas. KebesaranNya Tuhan dapat terlihat dengan melihat keluar biasaannya dari Allah Bapa. Saya kagum kepada kasih dan pengorbanan Yesus, makanya saya buat renungan setiap hari agar orang datang bergantung kepada Tuhan sepenuhNya. Dan saya merasakan sukacita sebab dipimpin oleh Roh Kudus setiap hari. Jadi Trinitas adalah pengalaman saya setiap hari; dan harus dialami oleh semua orang.
YKL: Perlu diketahui bahwa selama Ny. White hidup, pernyataan iman gereja Advent tidak pernah berubah. Ny. White meninggal pada bulan Juli 1915. Hanya beberapa bulan sebelum beliau meninggal, pernyataan iman gereja kita masih sama dari tahun ke tahun seperti yang dicetak dalam Buku Tahunan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 1914 yang ditulis oleh Uriah Smith, berbunyi:
1. Ada Satu Allah, seorang pribadi, Makhluk Roh, Pencipta segala sesuatu, mahakuasa, mahatahu, dan kekal; tak terhingga dalam hikmat, kekudusan, adil, baik, benar, dan kemurahan; tidak berubah, dan hadir di mana-mana melalui wakilnya, Roh Kudus. Mazmur 139.
2. Ada Satu Tuhan Yesus Kristus, Putra dari Bapa kekal, melalui siapa segala sesuatu diciptakan dst…
JK: Pernyataan iman tersebut adalah dari tahun 1873, sebab tahun 1914 Uriah Smith sudah meninggal. Kalau pernyataan iman tersebut masih sama sebab secara orgnisasi belum mengadakan perubahan, dan orang masih susah untuk berubah. Mrs. White telah mencoba berulang kali untuk mengubah pemikiran mereka melalui tulisan-tulisannya namun tidak langsung berhasil. Ingat Mrs. White itu tidak ada posisi dalam organisasi. Dan sejak tahun 1909, dia tidak pernah lagi datang kepertemuan GC. Jadi kita mengerti kalau pernyataan iman masih belum berubah, namun dari tulisan2 Mrs. White lah akhirnya doktrin kita berkembang dan memasukkan trinitas ke dalamnya.
YKL: Lihat halaman 293:
http://documents.adventistarchives.org/Yearbooks/YB1914.pdf.
Menurut penyelidikan saya, Ny. White bukan seorang penganut Trinitas semasa hidupnya sampai beliau meniggal. Justru sebelum menjadi Advent, Ny. White berasal dari Gereja Metodis yang percaya pada Trinitas. Tetapi karena beliau menjadi Advent, dia meninggalkan kepercayaannya. Buktinya terletak pada sokongannya terhadap kepercayaan semua pionir Gereja termasuk suaminya sendiri, James White. Semua pemimpin kita tahu pasti bahwa James White menantang ajaran Trinitas dengan keras.
Mengulangi pengakuan dari para pemimpin Gereja Advent sendiri, doktrin Trinitas hanya dianggap benar dan diterima melalui iman saja tanpa bukti-bukti Alkitab yang jelas. Dan kenyataannya bahwa doktrin ini masuk ke dalam gereja setelah kematian Ny. White, adalah hal yang menggenapi nubuatan yang telah beliau tulis:
“Musuh jiwa kita mencari (cara) untuk memberi kesan bahwa suatu reformasi besar akan terjadi di antara umat-umat Advent Hari Ketujuh, dan bahwa reformasi ini termasuk melepaskan doktrin-doktrin yang telah berdiri sebagai pilar-pilar iman, dan terlibat dalam suatu proses pengorganisasian kembali. Jika reformasi ini terwujud, apa hasilnya? Prinsip-prinsip kebenaran bahwa Allah dengan hikmat-Nya telah berikan kepada gereja yang sisa, akan dibuang. Agama kita akan dirubah. Prinsip-prinsip dasar yang telah bertahan sejak 50 tahun terakhir akan disebut sebagai sesuatu yang salah. Suatu organisasi yang baru akan didirikan. Buku-buku orde baru akan ditulis. Suatu sistim filsafat yang intelek akan diperkenalkan. Para pendiri sistim ini akan memasuki kota-kota dan melakukan suatu pekerjaan hebat. Hari Sabat tentu saja, hanya sedikit dihormati, sama seperti Allah yang menciptakannya. Tidak ada yang akan diperbolehkan menghalangi jalan dari pergerakan baru ini. Para pemimpin akan mengajarkan bahwa kebajikan lebih baik daripada keburukan, tapi Allah telah ditiadakan, mereka akan menempatkan ketergantungan pada kuasa manusia, dimana, tanpa Allah, adalah sia-sia. Fondasi mereka akan dibangun di atas pasir, dan badai dan tofan akan menghanyutkan landasannya.”
“Siapakah yang memiliki otoritas untuk memulai pergerakan itu? Kita memiliki Alkitab kita. Kita memiliki pengalaman kita, yang telah dibuktikan oleh pekerjaan ajaib dari Roh Kudus. Kita memiliki kebenaran yang tidak dapat dikompromi. Tidak dapatkah kita menolak segala sesuatu yang tidak harmonis dengan kebenaran ini?” (EGW, 1SM, Hal. 204-205).
Beberapa kutipan dalam blog ini bersumber dari www.trinitytruth.org atas ijin pemiliknya.
Yolanda Kalalo-Lawton
www.agapekasih.org
JK: Adalah benar Mrs white menyebutkan tentang pillars of faith yang tidak dapat di kompromikan; bahkan dia memberikan daftarnya dari pillars of faith tersebut.; sebab Mrs. White menyebutkan pillars of faith untuk 181 kali. Yang disebutkan di dalam halaman yang sama yang Yolanda pakai (1SM, hal. 204-205).adalah soal Sabat sebagai pilar iman kita yang akan banyak dilalaikan orang. Kemudian pada berbagai sumber lain, termasuk DD 28, kita dapatkan hal-hal yang disebutkan sebagai pillars of our faith, dan ke 7 pillars of faith dari GMAHK adalah sebagai berikut:
FB#11. The faith of Jesus
FB#13. The Remnant and Its Mission (the three angels’ messages and Rev. 14)
FB#18. The Gift of Prophecy
FB#19. The Law
FB#20. The Sabbath
FB#24. Christ's Ministry in the Heavenly Sanctuary
FB#26 & FB#27. Death and Resurrection and the Millennium
Itulah yang jadi pillars of faith yang dimaksudkan dalam tulisan Mrs. White. Itu tidak boleh goyah. Semua itu adalah tetap dalam Fundamental Beliefs kita. Anti-trinatarian tidak perlu takut bahwa doktrin pillar kita berubah; 7 pillars of faith dari gereja Advent tetap ada dalam fundamental beliefs kita. . Jadi jangan kuatir Yolanda; kita tetap berpegang kepada iman dari para pionir yang disebutkan sebagai pillars of our faith. Namun mengenai doktrin ke Allahan; sesuai dengan tulisan Mrs. White sendiri akhirnya kita meyakini akan trinitas. Jangan coba interpretasikan tulisan EG White dengan yang tidak-tidak; atau mengatakan bahwa ayat Alkitab telah dirubah atau ditambahkan. Sementara kita percaya dengan iman, namun; iman dengan fakta bahwa konsep trinitas itu tertulis dalam Alkitab dan Roh Nubuat. Jadi galilah Alkitab dan Roh Nubuat, dan kita akan mendapatkannya.
Tuhan memberkati Anda sekalian yang membaca postingan ini.
Jonathan Kuntaraf