Tanggapan buat Pdt. J. Kuntaraf - Bagian 1 (Revisi 14 Feb. 2018)

Berikut adalah tanggapan yang ditulis oleh Pdt. J. Kuntaraf terhadap blog saya berjudul "Pergantian Doktrin dalam Gereja MAHK".


ROH KUDUS DALAM TRINITAS

Postingan #9: Jawaban kepada Yolanda Kalalo-Lawton (Bagian 1).

Seorang yang bernama Yolanda Kalalo-Lawton menulis makalah dengan judul: Sejarah Singkat masuknya doktrin Trinitas ke dalam Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Saya merasa prihatin oleh sebab makalah ini dapat menyesatkan kepada banyak orang. Sebab itu saya ingin memberikan tanggapan kepada point-point yang diberikan oleh Yolanda.  Dalam hal ini, saya berikan jawaban saya dengan memulai pakai JK, dan memakai warna biru. .Untuk supaya jangan terlalu panjang, saya bagian dalam dua bagian, yaitu bagian 1, dan 2. 

Inilah tulisan Yolanda:

Saya menyadari bahwa saudara-saudara dan teman-teman saya bahkan umat-umat Advent pada umumnya tidak mengetahui adanya PERGANTIAN DOKTRIN dalam Gereja MAHK yang kita cintai ini. Kira-kira 6 tahun lalu, saya juga merupakan salah seorang umat yang tidak tahu apa-apa, walau nyatanya saya terlahir dalam sebuah keluarga pendeta, dibesarkan dalam lingkungan gereja dan sebagian masa sekolah saya dihabiskan untuk belajar di sekolah-sekolah Advent.

JK: Oleh sebab saya mengenal orang tua Yolanda, dan bapak adalah teman sekolah saya di PTA Bandung 50 tahun yang lalu, maka ijinkanlah saya untuk langsung memanggil nama Yolanda. Nah jawaban saya, mungkin lebih cocok menggunakan istilah pengembangan doktrin daripada “PERGANTIAN DOKTRIN.”  Kalau Pergantian doktrin itu berarti kita mengganti sama sekali doktrin lama dengan doktrin baru. Kalau pengembangkan doktrin, tetap kita memiliki doktrin lama, namun ada pengembangan. Pengembangan doktrin terjadi dari waktu ke waktu, apakah mulai jaman Ellen G. White sendiri pun terjadi. Dan pengembangan doktrin terjadi oleh sebab Bible study dan didukung tulisan Roh Nubuat. Tidak ada doktrin Advent yang terpisah dari Alkitab dan Roh Nubuat.

Puji Tuhan, Roh Kudus memberi saya kemauan keras untuk mempelajari sejarah gereja, Alkitab dan Roh Nubuat, sehingga saat ini saya dapat mengatkan bahwa mata kerohanian saya telah terbuka lebar.

Tujuan saya mempublikasikan sejarah ringkas ini adalah untuk mendorong umat-umat Advent memulai penyelidikan mereka sendiri bagaimana dan mengapa Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh mengganti fondasi iman-nya dari anti-Trinitas menjadi pro-Trinitas.

JK: Nama Tuhan akan dipuji bila yang dipelajari langsung kepada Alkitab dan Roh Nubuat, daripada situs Trinity Doctrine Exposed yang mempunyai agenda yang lain. Sayangnya Yolanda belajar dari interpretasi orang lain, dan mempercayai begitu saja. Kalau benar punya kemauan yang keras yang dipimpin oleh Roh Kudus, dengan sendiri akan benar-benar menggali. Saya melihat kutipan dari berbagai tanggapan orang juga diambil sepotong-sepotong. Itu bukan salah Yolanda langsung sebab bukan Yolanda yang buat tetapi situs yang Anda baca, hingga Yolanda terbawa hanyut dari satu kesalahan ke kesalahan lain. Masalahnya  Yolanda juga mengpublikasikannya; hingga lebih banyak lagi orang yang mengikuti jejak yang salah.

Apakah doktrin Trinitas ini benar? Pilihan ada di tangan anda sendiri. Yang anda perlukan adalah kemauan untuk menyelidiki sendiri dan tidak hanya berharap pada pendeta-pendeta atau pemimpin-pemimpin favorit anda untuk menerangkannya pada anda. Apa yang kita percayai akan menuntun kita pada kehidupan kekal atau kematian kekal!

Sangat penting diketahui bahwa Gereja Katolik sendiri mengakui bahwa doktrin Trinitas adalah dasar dari semua kepercayaan mereka.

“Rahasia/misteri dari Trinitas adalah doktrin utama dari iman Katolik. Di atasnya d_i_d_a_s_a_r_k_a_n_ _s_e_m_u_a_ _a_j_a_r_a_n_ _l_a_i_n_ _d_a_r_i_ _g_e_r_e_j_a_._” _(_H_a_n_d_b_o_o_k_ _f_o_r_ _T_o_d_a_y_’s_ _C_a_t_h_o_l_i_c_,_ _H_a_l_._ _1_1_)_.

Doktrin Trinitas sangat penting sebagai pemersatu semua gereja yang ada di bawah kekuasaan Roma Katolik. Sebagai seorang Katolik, Graham Greene menulis,

“L_a_w_a_n_-lawan kita kadang menyatakan bahwa tidak ada kepercayaan yang akan dipegang sebagai dogma apabila tidak tegas tertulis dalam Kitab Suci...tapi gereja-gereja Protestan sendiri telah menerima dogma-dogma seperti Trinitas, dimana tidak ada otoritas yang jelas tertulis dalam seluruh Injil._” _(Assumption of Mary, Life Magazine, 30 Oktober 1950, hal 51).

Jadi, Gereja Katolik berkata sendiri bahwa semua ajaran mereka didasarkan atas doktrin Trinitas. Berarti bahwa semua doktrin yang diyakini oleh Gereja Paus yang oleh umat-umat 2

Advent dianggap sebagai ajaran sesat, ternyata didirikan di atas dasar Trinitas yang sekarang telah dipercayai juga oleh Gereja Advent!

JK: Maafkan kalau saya tidak sependapat dengan Yolanda, makanya dalam menggali jangan hanya baca satu sumber saja; tetapi benar-benar gali. Kalau menggali,  kita akan dapatkan bahwa doktrin Trinitas bukan dimulai oleh katolik. Penggunaan trinitas untuk Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus itu dimulai oleh Iqnatius dari Antiokia, tahun 110, lama sebelum gereja Katolik naik daun. Lebih dari 200 tahun sebelum Konsili Nacaea menerima doktrin trinitas, tahun 325, sudah ada penggunaan nama trinitas, apakah mereka menggunakan Alkitab sebagai dasar atau dasar kekafiran; itu adalah trinitas versi Katolik. Dan juga perlu diketahui bahwa katolik menereima doktrin trinitas oleh sebab itu keputusan dari Konsili tersebut, yang dihadiri oleh banyak delegasi  pada waktu itu. Gereja Roma (belum disebut Katolik) hanya mengirim 7 delegasi dari 280 yang hadir.  Gereja yang menerima trinitas berarti berada dalam naungan Katolik? Yang benar aja.  Kembali penerimaan GMAHK kepada trinitas adalah berdasarkan kepada Alkitab dan Roh Nubuat, dan pengertian kita terhadap trinitas juga berbeda dengan pengertian Katolik. Anda mengutip laporan Jerry Moon, ya, itu laporan sepotong. Jerry Moon memberikan perbedaan trinitas Katolik dengan Trinitas Advent. Jadi anjuran saya, kalau mengutip kutipan, lihat keseluruhan dari artikelnya. Tetapi mungkin sulit bagi Anda lakukan sebab Anda hanya ikuti saja dari situs Trinity Doctrine Exposed.  Penulis situs itulah yang telah mengutip sepotong-sepotong; jadi akhirnya Anda ikut punya pengertian yang salah.

Bahkan, hari Minggu adalah hari yang didedikasikan untuk allah Trinitas.

“Tanya: Apakah hari Minggu, atau Hari Tuhan itu secara umum? Jawab: Hari yang ditentukan oleh Rasul-Rasul untuk menghormati Trinitas, dan untuk mengingat bahwa Kristus Tuhan kita bangkit dari antara orang mati pada hari Minggu, telah mengirim Roh Kudus pada hari Minggu, oleh sebab itu hari itu disebut Hari Tuhan. Hari Minggu juga disebut oleh denominasi Roma kuno, Dies Solis, sebagai hari M_a_t_a_h_a_r_i_,_ _h_a_r_i_ _y_a_n_g_ _s_u_c_i_,_” _(The Douay Catechism, 1649, Hal. 143).

Dari kutipan di atas, ada dua kebenaran yang hilang melalui ajaran Gereja Katolik.

Pertama adalah Sabat hari ketujuh, dan kedua adalah kebenaran tentang hubungan Bapa dengan Putra-Nya dan Roh Kudus mereka. Dengan kata lain, pemujaan hari Minggu dan doktrin Trinitas keduanya datang dari penyembahan matahari yang berasal dari Babel!

Bagaimana bisa doktrin dasar Katolik menjadi bagian dari iman Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh? Pertanyaan yang sangat baik!

JK:  Kalau demikian keyakinan dari Katollik, bukan berarti Gereja Advent mempunyai keyakinan yang sama. Kalau gereja Advent menerima Trinitas, dasarnya adalah Alkitab dan Roh Nubuat; dan kembali pengertian dari  trinitas Katolik dan Advent itu berbeda.  \

LeRoy Froom (1890-1974), seorang ahli sejarah gereja Advent terkemuka merupakan seorang yang berperan paling penting dalam pergantian doktrin dalam gereja kita.

D_a_l_a_m_ _b_u_k_u_n_y_a_ _“M_o_v_e_m_e_n_t_ _o_f_ _D_e_s_t_i_n_y_ _(_P_e_r_g_e_r_a_k_a_n_ _T_a_k_d_i_r_)_” _y_a_n_g diterbitkan tahun 1971 Froom menulis bagaimana dia memulai misinya dan dari mana dia mendapatkan inspirasi-inspirasi yang menunjang doktrin Trinitasnya :

“D_a_p_a_t_k_a_h_ _s_a_y_a_ _m_e_m_b_u_a_t_ _p_e_n_g_a_k_u_a_n_ _p_r_i_b_a_d_i_ _y_a_n_g_ _j_u_j_u_r_ _d_i_ _s_i_n_i_?_ _Di waktu lampau, antara tahun 1926 dan 1928, saya ditanya oleh pemimpin-pimimpin kita untuk m_e_m_b_e_r_i_k_a_n_ _s_e_r_i_ _p_e_l_a_j_a_r_a_n_ _t_e_n_t_a_n_g_ _“R_o_h_ _K_u_d_u_s_”…S_a_y_a_ _d_a_p_a_t_i_ _b_a_h_w_a_ _d_i_s_a_m_p_i_n_g_ _petunjuk-petunjuk berharga dalam Roh Nubuat, hampir sama sekali tidak ada dalam literatur-literatur kita yang memberi kesan kuat, memberi petunjuk Alkitabiah dalam ladang pelajaran yang sangat luas ini. Sebelumnya tidak ada buku-buku yang membuka jalan pada pertanyaan ini dalam literatur kita._” _

“Saya terpaksa mencari pada tumpukan buku-buku yang berharga yang ditulis oleh orang-orang di luar iman kita - mereka yang terkenal - untuk mendapatkan petunjuk-petunjuk dan saran-s_a_r_a_n_ _p_e_r_t_a_m_a_._” _(LeRoy Froom, Movement of Destiny, Hal. 322).

JK: Itu adalah pengakuan yang jujur; dan tidak salah untuk mendapatkan sumber lain; selama tidak bertentangan dengan Alkitab dan Roh Nubuat. Ellen G. White juga dalam menuliskan apa yang dia lihat dalam khayal, menggunakan sumber tambahan, misalnya untuk buku the Great Controversy, lihat saja appendix-nya dari halaman 679-694, begitu banyak sumber tambahan yang dipakai oleh EGW. Setelah kujungan EGW ke Eropah, dia lihat langsung tempat2 yang dia lihat dalam khayal, dan dia lihat buku-buku tersebut memberikan gambaran yang lebih jelas dari apa yang dia tulis sebelumnya, jadi dia gunakan tambahan referensi. Tidak salah bukan? Kami baru selesaikan buku kami yang ke 6, dan sedang dicetak oleh IPH, Banyak sumbernya dari penulis bukan Advent. Apakah salah? Prinsip penting ialah, apakah Alkitabiah? Sesuai dengan Roh Nubuat atau tidak?  Begitu juga dengan LeRoy Froom.

Perhatikan artikel y_a_n_g_ _d_i_t_u_l_i_s_ _d_a_l_a_m_ _m_a_j_a_l_a_h_ _“A_d_v_e_n_t_i_s_t_ _R_e_v_i_e_w_,_ _6_ _J_a_n_u_a_r_i_ _1_9_4_4_,_ _Halaman 10-11” _yang mengatakan tentang perubahan doktrin yang terjadi dalam gereja MAHK:

“B_a_n_y_a_k_ _u_m_a_t_ _A_d_v_e_n_t_ _s_e_k_a_r_a_n_g_ _b_e_r_p_i_k_i_r_ _b_a_h_w_a_ _kepercayaan-kepercayaan kita sama dan tidak berubah dari tahun ke tahun, mereka mencari (cara) untuk 3

membalikkan waktu pada poin-poin ketika kita masih memiliki segala sesuatunya dengan benar. T_a_p_i_ _s_e_m_u_a_ _u_s_a_h_a_ _u_n_t_u_k_ _m_e_m_u_l_i_h_k_a_n_ _“h_i_s_t_o_r_i_s_ _A_d_v_e_n_t_” _jatuh di bawah kenyataan-kenyataan yang kita warisi. Kepercayaan-kepercayaan Advent tel_a_h_ _b_e_r_u_b_a_h_ _d_a_r_i_ _t_a_h_u_n_ _k_e_ _t_a_h_u_n_ _d_i_ _b_a_w_a_h_ _d_a_m_p_a_k_ _“K_e_b_e_n_a_r_a_n_ _J_a_m_a_n_ _i_n_i_ _(_P_e_r_e_s_e_n_t_ _T_r_u_t_h_)_._” _Yang paling menakjubkan adalah ajaran tentang Yesus Kristus, Juruselamat dan Tuhan kita. Banyak dari para pionir, termasuk James White, J.N. Andrews, Uriah Smith, dan J.H. Waggoner, berpegang pada pandangan Arian atau semi-Arian yaitu, Putra pada suatu saat sebelum waktu penciptaan dunia, dihasilkan oleh Bapa. Dengan demikian, pengertian Trinitas akan Allah, yang sekarang adalah bagian dari pernyataan kepercayaan-kepercayaan dasar kita, tidak umum dipegang oleh Advent mula-mula. Bahkan sekarang masih ada beberapa yang tidak mengakuiny_a_._” _

JK: Inilah pengembangan dari doktrin. Yang kita perlu lihat ialah bahwa para pionirpun telah  mulai berubah pada saat mereka masih hidup. Jadi misalnya james White yang semula benar=benar Arian, jadi Yesus itu pernah tidak ada; akhirnya dia percaya bahwa Yesus itu tidak diciptakan.  Ini contohnya: pada tahun 1877, dia menulis,”Christ Equal with God,” Review and Herald, 1877. Masing-masing pionir itu mempunyai kontribusi masing-masing; namun bukan berarti tidak pernah salah. Betapa sering Mrs. White juga harus mengingatkan suaminya sendiri. Contoh yang paling nyata adalah sehubungan dengan doktrin kebenaran oleh iman; banyak para pionir atau pemimpin waktu itu termasuk Uriah Smith yang tidak menerima akan konsep kebenaran oleh Iman. Dan diperlukan waktu yang cukup lama sebelum konsep ini diterima.  Jadi Yolanda, jangan berpendapat sangat kaku; pengajaran itu harus berkembang. Selama sesuai dengan Alkitab dan Roh Nubuat, itulah yang harus diikuti.

M_a_j_a_l_a_h_ _“M_i_n_i_s_t_r_y_ _(_K_e_p_e_n_d_e_t_a_a_n_),_” _e_d_i_s_i_ _O_k_t_o_b_e_r_ _1_9_9_3_,_ _H_a_l_._ _1_0_,_ _t_e_r_t_u_l_i_s_:_ _

“Kebanyakan pendiri-pendiri Advent Hari Ketujuh tidak akan bisa bergabung dengan gereja saat ini jika mereka harus mengakui pernyataan kepercayaan-kepercayaan dasar dari denominasi. …k_h_u_s_u_s_n_y_a_,_ _k_e_b_a_n_y_a_k_a_n_ _(dari mereka) tidak akan bisa setuju dengan kepercayaan nomor 2, yang berhubungan dengan doktrin Trinitas._ _…B_a_g_i_ _J_o_s_e_p_h_ _B_a_t_e_s_,_ _T_r_i_n_i_t_a_s_ _a_d_a_l_a_h_ _d_o_k_t_r_i_n_ _y_a_n_g_ _t_i_d_a_k_ _s_e_s_u_a_i_ _dengan_ _K_i_t_a_b_ _S_u_c_i_,_ _b_a_g_i_ _J_a_m_e_s_ _W_h_i_t_e_ _i_n_i_ _a_d_a_l_a_h_ _“p_e_n_g_a_n_u_t_ _tua Trinitas yang konyol,_” _dan bagi M.E. Cornell ini adalah buah dari kemurtadan besar, sama dengan doktrin-doktrin sesat seperti pemeliharaan hari Minggu dan kehidupan kekal dari jiwa orang m_a_t_i_._” _(_G_e_o_r_g_e Knight, Profesor Sejarah gereja, Andrews University, Michigan, USA)

T_a_h_u_n_ _1_9_6_9_,_ _R_u_s_s_e_l_ _H_o_l_t_ _d_a_l_a_m_ _d_e_s_e_r_t_a_s_i_n_y_a_ _b_e_r_j_u_d_u_l_ _“T_h_e_ _D_o_c_t_r_i_n_e_ _o_f_ _t_h_e_ _T_r_i_n_i_t_y_ _i_n_ _t_h_e_ _Seventh-day Adventist Denomination: its Rejection and Acceptance (Doktrin Trinitas dalam D_e_n_o_m_i_n_a_s_i_ _M_A_H_K_;_ _P_e_n_o_l_a_k_a_n_ _d_a_n_ _P_e_n_e_r_i_m_a_a_n_)_” _membagi sejarah masuknya Trinitas dalam tiga periode:

Periode pertama: Tahun 1844-1890, ia menulis:

“L_a_d_a_n_g_ _d_i_d_o_m_i_n_a_s_i_ _o_l_e_h_ _m_e_r_e_k_a_ _y_a_n_g_ _m_e_l_i_h_a_t_ _b_a_h_w_a_ _T_r_i_n_i_t_a_s_ _t_i_d_a_k_ _m_a_s_u_k_ _a_k_a_l_,_ _t_i_d_a_k_ _s_e_s_u_a_i_ _d_e_n_g_a_n_ _K_i_t_a_b_ _S_u_c_i_,_ _k_a_f_i_r_ _d_a_n_ _m_e_r_u_s_a_k_ _p_e_k_e_r_j_a_a_n_ _p_e_n_e_b_u_s_a_n_…anti-Trinitas terbukti adalah pendirian denominasi._” _

JK: Benar sekali.

Periode kedua: Tahun1890-1900, Holt menulis:

“K_i_r_a_-kira dalam periode ini, arah dari denominasi tentang Trinitas telah ditentukan o_l_e_h_ _k_a_l_i_m_a_t_ _d_a_r_i_ _N_y_._ _W_h_i_t_e_._” _

JK: Nah ini dia, Mrs. White memberikan pengarahan melalui buku the Desire of Ages, dan kutipan lain, yang cenderung untuk mengarahkan umat kepada doktrin trinitas.

Periode Ketiga: 1900-1930: 4

“P_e_r_i_o_d_e_ _i_n_i_ _a_d_a_l_a_h_ _s_a_k_s_i_ _d_a_r_i_ _k_e_m_a_t_i_a_n_ _h_a_m_p_i_r_ _semua pionir sebagai pemenang dan pemegang posisi anti-Trinitas. Kedudukan-kedudukan mereka digantikan oleh mereka yang pemikirannya berubah,_ _a_t_a_u_ _b_e_l_u_m_ _p_e_r_n_a_h_ _m_e_l_a_w_a_n_ _d_o_k_t_r_i_n_ _i_n_i_…” _

Lihat: http://www.sdanet.org/atissue/trinity/moon/moon-trinity1.htm

H_o_l_t_ _j_u_g_a_ _b_e_r_k_o_m_e_n_t_a_r_ _t_e_n_t_a_n_g_ _b_u_k_u_ _d_a_r_i_ _F_r_o_o_m_ _“T_h_e_ _C_o_m_i_n_g_ _o_f_ _t_h_e_ _C_o_m_f_o_r_t_e_r_,_” _d_i_a_ _m_e_n_u_l_i_s_:_ _

“Trinitas mulai dipublikasikan, tahun 1931 telah dimenangkan, dan telah menjadi posisi standar denominasi. Yang masih tetap setia (pada iman mula-mula – _penerjemah) dan menolak menyerah, masih tertinggal dan dikucilkan, tapi hasil akhirn_y_a_ _t_e_l_a_h_ _d_i_p_u_t_u_s_k_a_n_._” _

Tahun 1931 F.M. Wilcox (dan juga Froom) m_e_n_g_i_k_u_t_ _s_e_r_t_a_k_a_n_ _k_a_t_a_ _“T_r_i_n_i_t_a_s_” _d_a_l_a_m_ _2_2_ _p_o_i_n_ _Buku Tahunan untuk pertama kalinya secara tidak resmi. Tahun berikutnya yaitu 1932, kalimat pro-T_r_i_n_i_t_a_s_ _i_n_i_ _d_i_t_a_m_b_a_h_k_a_n_ _k_e_ _d_a_l_a_m_ _“M_a_n_u_a_l_ _G_e_r_e_j_a_.” _K_a_t_a_ _T_r_i_n_i_t_as mulai bermunculan di setiap buku yang diterbitkan oleh denominasi kita sejak tahun 1931 sampai sekarang.

Pernyataan iman tahun 1931 berbunyi:

“K_e_-Allahan, atau Trinitas, terdiri atas Bapa yang kekal, seorang pribadi, Makhluk kudus, Mahakuasa, hadir dimana mana, Mahatahu, tidak terhingga dalam hikmat dan cinta; Tuhan Yesus Kristus, Putra dari Bapa Kekal, melalui siapa segala sesuatu diciptakan dan melalui siapa keselamatan dari umat-umat yang ditebus akan dicapai; Roh Kudus, pribadi ketiga dari ke-Allahan, kuasa re-generasi (kelahiran kembali) yang besar d_a_l_a_m_ _p_e_k_e_r_j_a_a_n_ _p_e_n_e_b_u_s_a_n_._ _M_a_t_i_u_s_ _2_8_:_1_9_._” _(Pernyataan Iman dari MAHK, Buku Tahunan MAHK, Washington DC: Review and Herald, 1931, Hal. 377).

Lihat halaman 377 dari Buku Tahunan 1931 di bawah ini:

http://documents.adventistarchives.org/Yearbooks/YB1931.pdf

Berikut adalah komentar Holt tentang pergantian doktrin dalam Gereja kita:

“S_u_a_t_u_ _p_e_r_b_a_n_d_i_n_g_a_n_ _p_e_r_n_y_a_t_a_a_n_-pernyataan iman yang diterbitkan pada waktu berbeda oleh denominasi menunjukkan perubahan yang ditandai oleh pendapat d_a_r_i_ _g_e_r_e_j_a_ _t_e_n_t_a_n_g_ _T_r_i_n_i_t_a_s_…” _

Dia melanjutkan: “P_e_r_n_y_a_t_a_a_n_-pernyataan (iman) muncul di tahun 1874, 1889, 1894 dan 1931. Ketiga tahun pertama tersebut untuk maksud-maksud praktis, identik dalam artikel-artikelnya tentang keTuhanan. Bandingkan pernyataan-pernyataan iman tahun 1874 dan 1931 menunjuk adanya perubahan._” _5

JK: Yolanda benar, para pioneers adalah anti-trinitarian pada awalnya, namun pandangan gereja berkembang; sementara orang lebih banyak belajar Alkitab, dan juga mengikuti ajaran Ellen G. White. Maka sejak masa Mrs. White sekalipun pada tahun 1900-an banyak kutipan dari EGW yang mendukung akan trinitas. Namun sangat lambat bagi pionir untuk menerimanya, tetapi akhirnya diterima dan masuk keluar dalam fundamental beliefs tahun 1931.

Tahun 1941, Sumpah Baptisan direvisi dan menjadi pernyataan iman Trinitas. Froom terlibat dalam perevisian ini juga. Sejak itu, setiap orang yang ingin menjadi anggota Advent harus terlebih dahulu setuju pada kredo/pernyataan iman ini.

Tahun 1945, semua buku Advent dirubah menurut standar ajaran Trinitas. Setiap kalimat anti-Trinitas dihapus dari semua buku kita. Froom menulis:

“L_a_n_g_k_a_h_ _l_o_g_i_k_a_ _b_e_r_i_k_u_t_ _y_a_n_g_ _t_a_k_ _t_e_r_h_i_n_d_a_r_k_a_n_ _a_d_a_l_a_h_ _m_e_n_y_e_r_a_g_a_m_k_a_n_ _p_e_r_n_y_a_t_a_a_n_-pernyataan iman, melibatkan revisi pekerjaan standar tertentu, meniadakan kalimat-kalimat yang telah diajarkankan, yang menyatakan pandangan salah atas ke-Allahan. Saat ini kalimat-kalimat itu memberi perbedaan menyolok atas pernyataan-pernyataan iman dasar yang telah diterima dan ditentukan dalam Manual_ _G_e_r_e_j_a_._” _(_M_o_v_e_m_e_n_t_ _o_f_ _D_e_s_t_i_n_y_,_ _Hal 422).

Dr. Jerry A. Moon, Profesor Sejarah Gereja di Universitas Andrews, Michigan, USA dalam t_u_l_i_s_a_n_n_y_a_,_ _“A_n_d_r_e_w_s_ _U_n_i_v_e_r_s_i_t_y_ _S_e_m_i_n_a_r_y_ _S_t_u_d_i_e_s_,_ _V_o_l_._ _4_1_,_ _N_o_ _1_,_ _H_a_l_._ _1_1_3_-1_2_9_” _berkata:

“K_e_t_i_k_a_ _p_e_r_n_y_a_t_a_a_n_ _t_e_l_a_h_ _diterima, sidang General Conference tahun 1946 m_e_r_e_s_m_i_k_a_n_n_y_a_,_ _d_e_n_g_a_n_ _s_u_a_r_a_ _p_i_l_i_h_ _b_a_h_w_a_ _“P_e_r_n_y_a_t_a_a_n_-pernyataan iman itu karena telah muncul dalam Manual, tidak akan direvisi kapan saja kecuali pada laporan sidang General Conference._” _(_L_i_h_a_t_ _l_a_p_o_r_a_n_ _R_a_p_a_t_ _k_e_1_5_ _d_a_r_i_ _General Conference No.8, Review and Herald, 14 Juni, 1946)

JK:Bagus untuk mengutip keterangan dari Jerry Moon. Tetapi sayangnya hanya pendahuluannya saja. Jerry Moon itu menulis cukup panjang, bahkan dengan judul The Adventist Trinity Debate itu ada dua bagian, Jerry Moon menulis Part 1, Historical Overview. Nah yang Yolanda kutip (atau yang dikutup dari situs Trinity Doctrine Exposed,) hanya dari situ; dan lupa bahwa Jerry Moon menulis juga The adventist Trintiy Debate, Parti 2, dengan judul The  Role of Ellen G. White . Kesimpulan dari Jerry Moon menyebutkan pada tahun 1890-an“she referred to the the Holy Spirit in literal and tangible terms much like those she had used in 1850 to describe the Father and the Son.”  Kemudian Jerry Moon lebih jelas menyebutkan, by 1905, she explicitly declared her belief in three divine persons united in one God. Seminary Studies #41, Autum 2003, hal. 290.

Jadi Yolanda, dalam belajar, lihat semua isinya, jangan dipotong-potong saja.

Pada tahun yang sama, 1946 buku Evagelism (Evangelisasi) dimana buku itu adalah kumpulan tulisan-tulisan Ny. White yang kira-kira bisa disalah artikan sebagai kalimat-kalimat yang menyokong Trinitas. LeRoy Froom (dan kawan-kawan) sangat vokal dalam usaha ini.

Dalam surat Froom kepada Roy A. Anderson tertanggal 18 Januari 1966, dia menulis:

“S_a_y_a_ _y_a_k_i_n_ _k_i_t_a_ _s_e_t_u_j_u_,_ _d_a_l_a_m_ _p_e_n_g_e_v_a_l_u_a_s_i_a_n_ _b_u_k_u_ _E_v_a_n_g_e_l_i_s_a_s_i_,_ _i_t_u_ _m_e_r_u_p_a_k_a_n_ _kontribusi-kontribusi besar dimana Asosiasi Kependetaan telah mengambil bagian di waktu yang lalu. Engkau tahu apa yang disebabkannya pada saudara-saudara di Uni Kolumbia yang dihadapkan muka dengan muka dengan kalimat-kalimat jelas dan tepat dari Roh Nubuat tentang ke-Ilahian Kristus, kepribadian dari Roh Kudus, T_r_i_n_i_t_a_s_ _d_a_n_ _s_e_m_a_c_a_m_n_y_a_…._m_e_r_e_k_a_ _a_n_t_a_r_a_ _h_a_r_u_s_ _m_e_l_e_t_a_k_k_a_n_ _l_e_n_g_a_n_-lengan mereka dan menerima kalimat-kalimat tersebut, atau mereka harus menolak Roh Nubuat. Saya tahu engkau dan Miss Cluser dan saya ada hubungan penting dengan penyeleksian hal-hal tersebut di bawah sokongan saudara-saudara seperti saudara Branson, yang merasa bahwa konsep semula dari saudara-saudara di White Estate a_k_a_n_ _b_u_k_u_ _E_v_a_n_g_e_l_i_s_a_s_i_ _t_i_d_a_k_ _m_e_m_a_d_a_i_._” _

JK: Dalam postingan lain saya sudah tuliskan bahwa buku Evangelism memang dicetak pada tahun 1946, dan Ellen G. White Board of Trustees telah membentuk komite pada tahun 1944 untuk pencetakan buku ini; dan LeRoy Froom bukanlah anggota komite. Ada komite dari 5 orang; yang dipimpin langsung oleh Arthur White, yaitu cucu dari Ellen G. White sendiri. Buku tersebut bukan produksi satu orang.

Tahun 1955 terjadi pertemuan antara pemimpin-pemimpin Gereja Advent, terutama LeRoy Froom dan Roy A. Anderson dengan dua ahli teologi Gereja Evangelikal, yaitu Dr. Walter Martin dan Dr. Barnhouse yang merasa bahwa Gereja MAHK tidak lain hanyalah gereja 6

Pemuja Kultus dan bukan denomiasi Gereja Kristen. Waktu itu Dr. Martin sedang m_e_n_g_a_d_a_k_a_n_ _p_e_n_y_e_l_i_d_i_k_a_n_ _u_n_t_u_k_ _b_u_k_u_n_y_a_ _“P_a_r_a_ _P_e_m_u_j_a_ _K_u_l_t_u_s_ _(_T_h_e_ _C_u_l_t_s_)_” _P_e_r_t_e_m_u_a_n_ _i_n_i_ _m_e_n_g_h_a_s_i_l_k_a_n_ _b_u_k_u_ _“Q_u_e_s_t_i_o_n_s_ _on Doctrine (Pertanyaan-Pertanyaan tentang Doktrin)” _y_a_n_g_ _diterbitkan tahun 1957 oleh Froom dan kawan-kawan, dalam usahanya untuk menyatakan bahwa Gereja Advent bukan pemuja Kultus tapi Gereja kita setuju dengan ajaran-ajaran Gereja-Gereja Kristen pada umumnya. Sayangnya, buku yang sama berisi beberapa doktrin yang tidak sesuai dengan doktrin dasar kita, salah satunya tentu saja adalah Trinitas.

Tahun 1980 pada sidang General Conference di Texas, diadakan pemungutan suara untuk penetapan kredo/pernyataan iman yang berisi 27 poin iman dasar dimana Trinitas telah dijunjung tinggi. Dalam pernyataan iman nomor 2 tertulis sebagai berikut:

“#_2_._ _T_r_i_n_i_t_a_s_:_ _A_d_a_ _s_a_t_u_ _A_l_l_a_h_:_ _B_a_p_a_,_ _P_u_t_r_a_ _d_a_n_ _R_o_h_ _K_u_d_u_s_,_ _s_u_a_t_u_ _k_e_s_a_t_u_a_n_ _d_a_r_i_ _t_i_g_a_ _P_r_i_b_a_d_i_/_O_k_n_u_m_ _y_a_n_g_ _s_a_m_a_ _a_b_a_d_i_…” _

Konsep di atas yaitu: ada tiga Oknum yang sama-sama kekal/abadi, sangat harmonis d_e_n_g_a_n_ _d_o_k_t_r_i_n_ _K_a_t_o_l_i_k_ _t_e_n_t_a_n_g_ _“T_r_i_n_i_t_a_s_” _y_a_n_g_ _m_e_r_u_p_a_k_a_n_ _a_j_a_r_a_n_ _s_e_s_a_t_!

JK: kembali Yolanda, sebelum mengatakan bahwa itu adalah doktrin sesat; kembali belajar Alkitab dan Roh Nubuat. Ingat kembali yang saya tulis sebelumnya, doktrin trinitas itu sendiri sudah ada sebelum adanya gereja Katolik Roma. Doktrin ini berkembang bukan oleh sebab kita mau ikut doktrin Katolik, tetapi sebab kita mau ikut Alkitab dan Roh Nubuat.

Perhatikan dengan seksama apa yang tertulis dalam majalah Adventist Review yang diterbitkan segera setelah sidang General Conference Texas:

“S_e_m_e_n_t_a_r_a_ _tidak ada satupun ayat Kitab Suci yang menyatakan doktrin Trinitas, telah dianggap sebagai fakta_…h_a_n_y_a_ _m_e_l_a_l_u_i_ _i_m_a_n_ _k_i_t_a_ _d_a_p_a_t_ _m_e_n_e_r_i_m_a_ _k_e_b_e_r_a_d_a_a_n_ _T_r_i_n_i_t_a_s_._” _(Adventist Review, Vol 158, No. 31, Hal 4).

JK: Saya meragukan kebenaran kutipan tersebut: dan saya baru check dari GC Archieve untuk melihat Adventist Review Vol 158, No. 31, hal 4, dan ternyata benar dugaan saya, kutipan tersebut salah diterjemahkan. Ini kutipan yang lengkapnya:

“While no single scriptural passage

states formally the doctrine of the

Trinity, it is assumed as a fact by

Bible writers and mentioned several

times.” Harus diterjemahkan, “ Sementara tidak ada satu ayat yang secara langsung menyebutkan doktrin trinitas, maka diasumsikan sebagai fakta oleh penulis Alktiab dan dituliskan berulang-ulang. Kemudian dibahaslah penjelasan lebih lanjut seperti dibawah ini:

“It is implied in Genesis 1,

where God and the Spirit of God are

portrayed acting in Creation. The

New Testament makes it clear that

Christ participated in Creation too, in

fact as actual Creator (John 1:3; Col.

1:16, 17; Heb. 1:2). Matthew 28:19

commands baptism "in the name of

the Father, and of the Son, and of the

Holy Ghost." Here the doctrine of

the Trinity seems to be set forth in

such a manner as to give it strong

emphasis as a point of faith.

At Christ's baptism the reality of

the triune Godhead was evident in the

appearance of all three Persons at one

time. Matthew 3:16, 17 describes

God the Son—Jesus—being baptized.

The Spirit of God was manifested

in the form of a dove descending

upon Him. At the same time the

voice of God the Father was heard

proclaiming, "This is my beloved

Son, in whom I am well pleased."

Luke 1:35 includes all three persons

of the Godhead in the angel's

announcement to Mary that Heaven

had chosen her to be the mother of the

Messiah. The Holy Ghost was to

come upon her. The power of the

Highest was to overshadow her. And

the Son of God was to be born to her.

Jesus recognized the distinction

among the persons of the Godhead

when He stated: "When the Comforter

is come, whom I will send unto

you from the Father, even the Spirit

of truth, which proceedeth from the

Father, he shall testify of me" (John

15:26).

Paul's so-called "apostolic benediction"

also reinforces this teaching.

In a prayer addressed to Christ

for grace, to the Father for love, and

to the Holy Spirit for fellowship the

apostle includes the three persons of

the Godhead: "The grace of the Lord

Jesus Christ, and the love of God,

and the communion of the Holy

Ghost, be with you all. Amen" (2

Cor. 13:14).”

Jadi penulis Alkitab yang memberikan asumsi dan fakta tentang trinitas.  Dengan demikian penulis dari artikel ini justru mendukung trinitas. Jadi sumber yang Yolanda tuliskan itu tidak benar; memberikan salah pengertian. Kasihan Yolanda dibohongi, dan akibatnya, Yolanda juga membohongi orang lain.

Menurut kutipan di atas, Gereja Advent telah mengganti doktrinnya dengan doktrin Trinitas hanya berdasarkan iman saja, dan bukan berdasarkan Alkitab. Perlu diperhatikan, hal ini bukan perkataan saya tetapi pengakuan dari Gereja Advent sendiri!

JK: Inipun kesimpulan yang salah, sebab Yolanda atau siapa saja bisa baca keseluruhan halaman  RH Vol 158, # 31, halaman 4 tersebut, tidak disebutkan kita mempercayai doktrin trinitas dengan iman saja. Jadi ini kembali pembohongan public. Doktrin Trinitas secara konsep sudah ada dalam Alkitab dan tulisan Roh Nubuat, walaupun “kata trinitas” tidak ada. Bagi yang benar meneliti, akan mendapatkannya. Nah sampai disini dulu, tanggapan saya kepada Yolanda akan diteruskan besok; supaya jangan terlalu panjang.

Tuhan mencintai kita semua, sebab itu Dia memberikan Roh Kudus agar kita mengerti kebenaran. Biarlah kita semua berjalan dalam kebenaran.

Sahabat dalam pelayanan,

Jonathan Kuntaraf

Sorry, waktu pindah ke WA warna biru jadi hitam. Semoga  tetap jelas